Kamis, 03 Maret 2011

2. Klasifikasi Tumbuhan Lumut

Tumbuhan lumut dibagi menjadi 3 divisi, yaitu divisi Hepatophyta (lumut hati), divisi Anthocerophyta  (lumut tanduk), dan divisi Bryophyta (lumut daun).

a.  Divisi Lumut Hati (Hepatophyta)
     Lumut hati berbentu lembaran, hidup menempel diatas permukaan tanah yang lembab dan terapung diatas air.  Di tebing-tebing basah, lumut ini juga dapat hidup.
Contoh spesian lumut hati antara lain Ricciocarpus dan Marchantia.
1) Ricciocarpus natas
    Lumut ini hidup terapung diatas air.  Di dalam daur hidupnya, Ricciocarpus mengalami pergiliran keturunan atau metagenesis, yaitu:  (1) tumbuhan generasi sporofit yang menghasilkan spora; fase pertumbuhan  penghasil spora ini dikenal sebagai fase reproduksi vegetativ dan (2) tumbuhan generasi gametofit yang menghasilkan sel-sel gamet.  Fase tumbuhan penghasil gamet ini dikenal sebagai fase reproduksi generatif.

Perbedaan antara Generasi Gametofit dan Sporofit pada Lumut Ricciocarpus natas

Generasi Gametofit.
  1. fase haploid
  2. terdiri dari batang, daun berwarna hijau, organ kelamin dan gamet
  3. menghasilkan gamet melalui mitosis
  4. hidup bebas
  5. merupakan fase dominan dalam daur hidup lumut

Generasi Sporofit
  1. fase diploid
  2. terdiri dari spora yang membentuk tubuh multiseluler yang terbentuk dari zigot
  3. tergantung pada gametofit
  4. merupakan fase yang pendek dalam daur hidup pendek
 2) Merchantia polymorpha
     Lumut berbentuk lembaran daun ini tumbuh menempel di atas permukaan tanah, pohon, atau tebing yang lembab atau basah.  Di bagian bawah, tumbuh rizoid guna menempel dan menghisap zat-zat makanan.  Lumut dapat bereproduksi secara vegetatif dan generatif.  Reproduksi vegetatif dengan membentuk gema atau kuncup.  Reproduksi generatif dengan membentuk gamet.  Dari talus yang berbentuk seperti lembaran daun, organ anteridium dan arkegonium muncul mencuat ke atas.  Bentuk arkegonium seperti payung yang memiliki lekuk-lekuk pada tepinya, sedagkan anteridium seperti payung yang tepinya rata.
Anteridium merupakan organ kelamin jantan yang menghasilkan sperma.  Arkegonium merupakan organ kelamin betina yang menghasilkan ovum.  Sperma yang matang berenang dalam air untuk mencapai ovum sehingga terjadilah fertilisasi (pembuahan).  Hasil pembuahan adalah zigot. Zigot akan tumbuh menjadi talus baru.

b.  Divisi Lumut Tanduk
     Lumut tanduk berhabitat di tepi sungai, danau, atau sepanjang selokan.  Seperti halnya lumut hati, lumut tanduk juga mengalami pergiliran keturunan atau metagenesis.  Metagenesis terjadi antara fase sporofit dan gametofit. Tubuh lumut yang biasanya terlihat di tanahadalah tubuh dalam fase gametofit.  Bagian bawah tubuh sporofitnya melekat pada jaringan gametofit.  Reproduksinya mirip dengan lumut hati.
Contoh lumut ini adalah Anthoceros.

c.  Divisi Lumut Daun (Bryophyta)
     Lumut daun tumbuh di tanah, tembok, dan tempat-tempat yang terbuka.  Batangnya tegak, baercabang-cabang, dan berdaun kecil.  Sekilas mirip dengan rumput, tetapi pendek.  Ada pula yang seperti beledu hijau.  Contohnya adalah Polytrichum (seperti beledu) yang banyak menempel di atas batu bata dan Sphagnum (lumut janggut) yang hidup di pohon-pohon.
Lumut daun berproduksi vegetatif dengan membentuk kuncup di cabang-cabang batang.  Jadi, jika dari cabang muncul kuncup, terbentuklah tubuh lumut yang baru.  Lumut daun juga mengalami metagenesis dari fase sporofit ke fase gametofit. 

1 komentar:

  1. Thanks for sharing :)
    materinya sangat membantu..

    visit my page : http://erisoncs.student.ipb.ac.id

    BalasHapus